:)
Selamat Membaca...Semoga Bermanfaat.
Dakwah

Cerita dari kampusku: Kelasku Teristimewah di Dunia


Mahasiswa Ekonomi Islam EI B IAIN Raden Intan Lampung

          Ketika anda bertanya kepada saya, Kampus mana yang paling istimewa di dunia…? maka saya akan  jawab. hanya ada dikampus IAIN Raden Intan Lampung..loh Why..? karena disana terdapat satu kelas yang Insyaallah terdiri dari calon2 generasi yang diharapkan bangsa. Generasi Intelektual.. yaitu generasi yang siap melakukan perubahan untuk lebih baik lagi. tetapi klo saya katakan “IAIN Raden Intan” secara Keseluruhan atau abstrak. saya katakan gak juga. sepertinya berbanding balik dari apa yang saya akan jawab. jadi kita sempitkan pertanyaan menjadi Kelas mana yang paling Istimewah didunia…? maka saya akan  Jawab. Kelas saya…!!! lohh kok bisa..? darimana..? .. untuk menjawab pertanyaan tersebut… mari kita buka dengan lafadz basmallah…”بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 

iya. kelas B jurusan Ekonomi Islam Angkatan 2007 IAIN Raden Intan Lampung.. Betul sekali. Walaupun masih terasa muda. Jurusan Ekonomi Islam yang baru berdiri tahun 2006, telah meluluskan 2 angkatan. yaitu angkatan tahun 2006-2007. dan  kelas B merupakan kelas idaman buat saya. karena banyak hal-hal yang bisa diambil hikmahnya. kenapa saya katakan Kelas B merupakan kelas paling istimewah didunia…? ada bukti2 empiris yang pernah diukir oleh kelas B. diantaranya.

 

 

1. Setiap akan belajar Kita memulai dengan membaca Al-Quran

 

Inilah yang menjadi Istimewah buat saya katakan kelas teristimewah Didunia. setiap akan memulai pelajaran kita selalu meminta waktu 5-10 menit untuk hanya untuk membaca Al-Quran dan Terjemahan secara Bergilir bergantian setiap harinya. Maka tidak ada Mahasiswa yang tidak bisa membaca Al-Quran.  Apakah ini peraturan dari Birokrasi IAIN. bukan tetapi ini merupakan Inisiatif kita sendiri (EI B angkatan 2007). atas dasar perintah yang terdapat dalam QS Al-Mujaadilah ayat 11 : “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.  disana ada sebutan untuk  orang-orang yang beriman dan diberi ilmu pengetahuan untuk diberikan sebuah penghargaan beberapa derajat yang allah ridhai atas usaha mereka. Itulah yang menjadi dasar kami Untuk mewujudkan perintah Allah. Apalagi Al-Quran merupakan Kitab suci Umat Islam dan Sebagai pedoman Hidup (guidelines for living).

 

2.Setiap akan belajar kami suguhkan Snack dan Air Mineral buat dosen kami.

Mungkin inilah sala satu yang membuat Kelas kami masuk kelas Teristimewah versi on the Pot..!!!hee… Asbun..

Adab mencari ilmu selama ini sering diabaikan. Hubungan antara Mahasiswa  dan Dosen  tak ubahnya penjual dan pembeli. Kini, saatnya kita kembali mendulang adab-adab mencari ilmu yang telah dipanggungkan oleh para ulama sehingga ilmu dapat memberi manfaat, bukan hanya pada tataran duniawi, namun juga pada tataran ukhrawi. sala-satu untuk merealisasikan tersebut Kami suguhkan Snack dan mineral setiap ada Dosen yang akan mengajar dikelas kami.. jangan sampai ada Dosen masuk kelas kami dalam posisi belum makan (lapar dan haus dalam mengajar). tp jangan salah tangkap yahh.. ini bukan Progam pengentasan Kelaparan..?heee. tetapi ini merupaka progam untuk memuliakan seorang Dosen yang akan merubah masa depan kita dengan intelektual.

Lalu Pertanyaannya apakah ini peraturan dari Birokrasi IAIN (Dekan FS)…? bukan tetapi ini merupakan Inisiatif Mahasiswa kelas B… Terus dananya dari mana..? dananya dari Setiap Kantong Mahsiswa EI B. setiap Minggu  kita ada Iuran (Wajib) Rp.2000 untuk beli konsusmsi tersebut…..wuihhhh… berati Mahasisswa EI B orang kaya2 nie…?buktinya Setiap Dosen Dikasih Sodokan (dibaca: Sedekah).. ?? ehm.. sya katakan “TIDAK”….Sumpehh bukan Orang kaya. apa lagi keturunan Milyaderrr.. Kelas kami rata2 dari kampungg… dan setiap bulan banyak yang terkena Penyakit “KANKER” (Kantong Kering). maunya kita disebut  Keturunan Seorang Dermawan ….ckck…gk ada maksud Sombong  nie :)  Yah itulah yg kami lakukan hanya demi sebuah cita2 masa depan kami dan ridha dari Allah SWT.

 

3. Tidak ada dosen yang tidak Bersenyum Usai mengajar kami.

 

Senyumlah senyumlah

Senyumlah seperti Rasulullah

Senyumnya bersinar dengan cahaya

Senyumlah kita hanya kerana Allah

Itulah senyuman bersedekah

(: Raihan)

Nasyd itu sangat cocok dengan tema pembahasan yang satu ini (Terimakasih bang Raihan..ckck SKSD)... dibalik senyuman seorang Dosen terbesit Doa dan Sedekah…hee.P: iya. itulah yang terjadi dikelas kami. tidak ada dosen yg muram dalam kelas kami (gak tau klo kelas sebelah…ckckc). tersinar senyuman yang bgitu Indah. kita bukan melihat model Senyuman setiap dosen, tetapi yg kita lihat adalah ketulusan hati seorang dosen untuk bersenyum,  mungkin service kami yang membuat beliau tersenyum, mungkin perilaku kami yang membuat beliau tersenyum,..!!  mungkin perkataan kami, yang membuat beliau tersenyum,,!! dan itu bukan hal yang tidak mungkin lagi. tetapi hal yg terjadi dikelas kami. kami budayakan Etika Islami dikelas kami, jangan sampai dalam hati Seorang guru ada yg tersakiti. sekali lagi apa yg saya katakan setiap Ucapan seorang dosen akan menjadi doa. buat kami dan dan kelas kami mengetaui hal itu.

 

4.Kekompakan di kelas seperti saudara kita sendiri.

Sesungguhnya orang-orang mu’min itu bersaudara” (Qs.(Al-Hujurat : 10). 

Mengutamakan persaudraan Islam lebih dari yang lain sama sekali tidak mempengaruhi ikatan darah, Suku, maupun batasan lainnya. termasuk Non Muslim jg. Nabi SAW menekankan pentingnya membangun persaudaraan Islam dalam batasan-batasan praktis dalam bentuk saling peduli dan tolong menolong. Sebagai contoh, Beliau bersabda, “Allah SWT menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya” (H.R. Muslim). Inilah yang terjadi dikelas kami. kita sudah seperti ibarat saudara sendiri. bahkan Keponakan teman kelas kami ada yang Aqiqah, kami pun diundang untuk menghadirinya… Subhanalllah. Apalagi married..!!!hee….Sungguh istimewah. dikelas kami selalu menekankan arti sebuah persaudaraan. walaupun pernah terjadi salah paham, tetapi ini dpat diatasi dlm musyawarah. Semoga persaudaraan ini selalu terjalin hingga tua…aminn

 

 

5. Mahasiswa  yang Haus akan Ilmu

Barangsiapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga” (HR. Muslim).

Subhanallah… Sungguh benar janji Allah. sebagai generasi Muda, kami tidak hanya meningkatkan kuantitas kemampuan kita, tetapi kualitas juga sangat20X diperlukan. itulah jiwa yang terdapat dalam kelas kami. 1 jam sebelum masuk kuliah, kelas kami melakukan Diskusi pelajaran yang akan dibahas. maka diskusi dalam kelas begitu mengasikan.. karena udah kami setting dulu sebelum masuk kelas. maka klo dosen tidak siap maka dosen tersebut seperti ibarat masuk kandang Harimau. gk percaya..? tanyakan rumput2 bergoyang yang ada di depan kantor  BEM FS.. saksi bisu  keberadaaan kami. kamilah ( EI B) yang pertama kali membentuk Kelompok diskusi Ekonomi Syariah di IAIN Raden Intan pada awal tahun 2008. dulu namanya DES(Diskusi Ekonomi Syariah). sebelum adanya Kajian Studi Ekonomi Islam  Raden Intan Sharia Economics Forum  (KSEI RISEF). termasuk awal pendirian yg membawa FoSSEI di IAIN Raden Intan dr kelas kami. bukan kaka tingkat EI angkatan 2006. sebelum itu,  kita udah menjadi anggota FoSSEIL (Forum Silaturahmi Studi ekonomi Islam Lampung dibawah unila). saya masih ingat yg pertama kali membawa bendera FoSSEIL ke IAIN adalah Gubernur Syariah 2006-2007  ka’Ngadikun. waktu itu beliau dg diskusi kami DES dapat undangan dr Unila untuk mengikuti Pelatihan Ekonomi Syariah Di Bank Indonesia Lampung yang didampingi dari dosen Unila (pak.hendi Cahya). sebelum terbentuknya KSEI RISEF. baru sekitar 2 bulan usai pelatihan tersebut. IAIN mendapatkan rekomendasi untuk hadir dalam MUREG SUMBAGSEL. maka terbentuklah KSEI RISEF Lampung di deklarasikan  akhir tahun 2008 (saya sebagai ketua Pelaksananya)… jadi ini sedikt meluruskan Distorsi sejarah KSEiI RISEF..hee.. inilah semangat kami, Investasi terbesar untuk negeri ini.

 

Inilah perjalanan kami (kelas EI B) dalam menuntut sebuah cita2 masa depan. tetapi kini hanya sebuah cerita, karena belum ada generasi yang melanjutkan estafet perjalanan apa yang dilakukan oleh kelas kami. entah kenapa dan mengapa…? dan Alhamdulillah dikelas kami 80-90 % wisuda tepat waktu (tertmasuk saya,,,hee). bahkan Wisudawan tercepat di Fakultas Syariah tahun 2011 dr kelas kami (bukan kelas tetangga..hee:)… tidak ada cerita patah semangat. apa lagi usai wisuda. tunjukan kepada dunia Semangat kita adalah investasi terbesar untuk negeri ini… dan tunjukan seolah2 dunia hanya untuk kita (Yang lain Numpang..hee…;)… kita jemput namanya Kesuksesan. jangan sampe kita hanya kebagian sisahnya dari para penjemput kesuksesan..

About Anas Malik

Ekonomi Syariah solusi untuk Perekonomian dunia

Diskusi

6 thoughts on “Cerita dari kampusku: Kelasku Teristimewah di Dunia

  1. subhanallah… jd kepengen brada di kls itu…

    Posted by tyara | Maret 14, 2012, 8:46 am
  2. lanjutkan!

    Posted by Ichtyara Nisa | Maret 14, 2012, 8:48 am
  3. saya juga kangennn.. Semoga Allah SWT memberikan barakah kepada kita semua.

    Posted by Anas Malik | Maret 16, 2012, 9:35 pm
  4. Ichtyara Nisa : ……..InsyAllah. Keep Fight

    Posted by Anas Malik | Maret 16, 2012, 9:47 pm
  5. wahhhh bagusss… semoga sukses yah… saya jadi ingin jadi salah satu dosennya :)…
    insya allah jika di undang, saya siap🙂

    Posted by H.M. Iman Sastra Mihajat, Lc, PDIBF, MSc Fin, Ph.Dc | Maret 21, 2012, 11:01 am
  6. Pak.H.M, Iman: hee…. boleh tuh🙂

    Posted by Anas Malik | Maret 23, 2012, 10:16 am

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pos-pos Terbaru