:)
Selamat Membaca...Semoga Bermanfaat.
Dakwah

Cerita Inspiratif: Kisah Islamnya Guru SD karena Muridnya ingin menjadi “SAHABAT”.


Oleh: Anas Malik

saya terinspirasi dari sebuah cerita seorang anak kecil di sebuah Sekolah dasar di Inggris, yang dapat mengislamkan sang gurunya., awalnya sang guru menyuruh seluruh murid untuk mengungkapkan sebuah cita-citanya, maka murid2 tersebut sibuk membuat apa yang akan menjadikan cita-citanya kedepan, maka gaduhlah suasana dalam ruang kelas, anak2 sudah mempersiapkan 1 atau 2 bahkan 3 cita-cita kedepanya, maka sang guru menunjuk satu-persatu siswa yang ada diruang kelas tersebut, charles cita2nya ingin menjadi apa (tanya sang guru),,,? maka charles menjawab,,ingin menjadi Dokter buguru,,, baguss, klo maria,,? ingin jadi Seniman buguru ( maria),,, klo Robet,,? ingin jadi Pilot buguru (robet),,, dan satu persatu buguru menanyakan kepada siswanya, dengan berbagai cita-cita yang di idolakan, mulai dari seniman, pilot, artis, presiden. pengusaha, olahragawan, dan lain-lain.

Tetapi ada satu siswi yang sangat berbeda dari yang lainya, yaitu Aisyah siswa Muslim satu-satunya dikelasnya. sewaktu ibu guru bertanya kepada Aisyah,,, aisyah ingin menjadi apa…? lalu Aisyah menjawab ingin menjadi SAHABAT, langsung semua dalam kelas kaget,,,! Sahabat..? apa itu Sahabat…? sahabat yang yang pemberani. (tutur Aisyah). karena buguru masih juga belum puas dan penasaran keingintahuan siapa yang dimaksud Sahabat tersebut..? bu guru bersilaturahmi kepada orang tua Aisyah langsung kerumahnya, menanyakan siapa sahabat yang dimaksud aisyah sehingga terinspirasi untuk menjadi sebuah cita-cita..? lalu ibunya aisyah menjelaskan sahabat yang dimaksud adalah sahabat Nabi Muhammad SAW, yang gagah membela kebenaran dan keras terhadap kebatilan (Umar bin Khattab), dia adalah sang panglima perang yang gagah dan berani (Khalid Bin Walid), dia adalah sang penyabar dengan ketulusan hatinya ( Abu Bakar), dia Adalah sahabat yang memiliki dua cahaya dan pemalu (Utsman Bin Affan), dia adalah sang dermawan ( Abdurahman bin Auf ),dia adalah Wanita Suci ( Siti Khadijah), dia adalah Ummul Mukmin (Aisyah binti Abu Bakar), dia adalah sang pemilik cahaya (Ummi Kultsum binti Muhammad SAW).. satu persatu sahabat nabi di sebutkan.

Mulailah sang guru mengerti apa yang dimaksud sahabat. banyak kisah dan hikmah yang dijadikan panutan umat islam agar menjadi pribadi muslim yang taat, umat muslim sangat menghargai perjuang para sahabat terdahulu yang telah menyebarkan islam kepenjuru dunia. sehingga sang guru pun berikrar didepan ibunda Aisyah. “asyhadu an-laa ilaaha illallaah,wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah”. Mulai ada perubahan yang berati dalam hidup sang guru. Tetapi hal ini belum cukup untuk keingintahuanya teantang sahabat. Lalu sang guru bertanya lagi. Apa yang menyebabkan Aisyah begitu paham dengan sahabat Nabi. Lalu ibunda Aisyah menjelaskan kepada sang guru, bahwasanya setiap malam sebelum tidur ibunda selalu menberikan cerita menjelang tidur kepada Aisyah. Ini bukan sebuah dongeng, tetapi sebuah hikmah yang harus di ketahui oleh seluruh umat islam, sebuah perjalanan ketaatan kepada Allah SWT, sebuah perjuangan untuk melawan kebatilan, terlebih dahulu kita mulai dari masa kecil (Kata Ibunda Aisyah). Semakin mantaplah keimanan sang guru mendengarkan penjelasan dari ibunda Aisyah.

Akhi/Ukhti yang dirahmati Allah SWT, Allah SWT menjadikan Asbab anak kecil untuk mengantarkan sang guru kepada kebenaran, kepada agama tauhid, perkara untuk menjadikan asbab hidayah untuk orang lain bukan lah perkara yang mudah, karena hanya Allah lah yang dapat memberikan hidayah kepada siapa yang Allah sukai. maka sangat beruntunglah kalau ada orang yang bisa menjadikan asbab bagi orang lain untuk lebih mengenal Allah, melalui perkataannya, melalui perbuatanya, dan lainya yang menyebabkan orang kembali kejalan yang lurus. Dan Allah akan memberikan ganjaran yang lebih besar dari pada dunia dan seisinya, yaitu Surga yang begitu luas.

Tetapi saat ini apakahdiri kita pernah terpikir, kita menjadi asbab kebaikan atau asbab keburukan, yang akan mengantarkan diri kita ke surga atau neraka..? lihatlah dari perkataan, perilaku, dan kehidupan sosial kita. Berapa banyak orang yang merasa terdzalimi karena, perbuatan kita, berapa banyak orang yang tersakiti karena perkataan kita, berapa banyak dosa-dosa yang akan menggincirkan kita ketepi jurang neraka. hanya dengan pertolongan Allah lah kita pasti akan selamat. #semua nama dalam kisah tersebut adalah samaran#

About Anas Malik

Ekonomi Syariah solusi untuk Perekonomian dunia

Diskusi

One thought on “Cerita Inspiratif: Kisah Islamnya Guru SD karena Muridnya ingin menjadi “SAHABAT”.

  1. Mantapp…. Semoga kita bisa menjadi Inspirasi untuk orang lain.

    Posted by Anas Malik Al-Kaliandawi | Maret 17, 2012, 9:42 am

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pos-pos Terbaru